Jumat, 11 Desember 2009

Bocoran Mobil-Mobil Tahun 2010

Menjelang tutup tahun, sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) mulai membocorkan mobil-mobil baru yang akan mereka luncurkan tahun depan. Dengan produk-produk anyar, ATPM berharap bisa memanen rezeki bisnis otomotif yang diprediksi pulih tahun depan.

PT Ford Mobil Indonesia misalnya, berencana menjajal ceruk pasar mobil sedang tanpa buntut atau hatchback. Padahal, selama ini, produsen mobil asal Amerika ini lebih sering memproduksi mobil-mobil besar. "Kami akan masuk ke pasar hatchback ini pada kuartal II atau III," ujar Davy Tuilian, Direktur Marketing Ford Indonesia, kemarin.


Meski tak bersedia memerinci spesifikasi produk baru yang mereka sebut Ford Fiesta ini, Davy memastikan, produk Ford siap bersaing dengan produk lain yang sudah eksis. "Kami akan buat dalam dua kategori, yakni empat pintu dan lima pintu," kata Davy.

Ford Fiesta, tampaknya, akan berhadapan langsung dengan Honda Jazz, Suzuki Swift, dan Toyota Yaris. Soalnya, Fiesta ini mengusung mesin 1.500 cc.

Buat Ford, ini sebuah langkah berani. Selama ini, Ford jarang merilis mobil dengan kapasitas mesin kurang dari 1.800 cc. Hanya satu varian saja yang masuk kelas ini, yakni sedan Ford Focus. Sementara, produk Ford yang lain berkapasitas 2.500 cc.

Catatan saja, selama ini, varian double cabin mendominasi penjualan mobil Ford. Sumbangannya mencapai 70% dari total penjualan.

Davy mengaku, Ford sengaja menjajal peruntungan di pasar hatchback lantaran tergiur pasarnya yang terus berkembang. Saat ini, porsi hatchback dari total pasar mobil nasional mencapai 10%. "Jika pasar mobil tahun depan diperkirakan 540.000 unit, kategori hatchback sedikitnya 54.000 unit," terang Davy.

Tidak cuma Ford, PT Indomobil Suzuki Internasional (ISI) juga berencana merilis hatchback anyar. "Kami akan keluarkan akhir triwulan pertama 2010," kata Rudjojo Nirjana, Sales Director ISI.

Kehadiran hatchback terbaru Suzuki ini bakal menemani Suzuki Swift yang lebih dulu masuk ke pasar. Tahun ini, penjualan Swift sendiri terbilang jeblok dibandingkan 2008. Hingga November 2009, penjualan Swift tercatat baru sekitar 4.000 unit. Padahal, di tahun 2008, total penjualan Swift mencapai 8.000 unit.

Jika Ford dan Suzuki menyasar mobil hatchback, ATPM mobil asal China, yakni PT Foton Mobilindo, justru berencana meluncurkan varian baru mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Mobil berjuluk Foton MPX itu bakal dirilis pada Maret 2010. "Akan kami pasarkan di segmen kelas menengah seharga Rp 200 jutaan," kata Charles Honoris, Direktur Foton Mobilindo.

Selain itu, Foton juga akan meluncurkan mobil city car bernama, Foton Midi, di Indonesia. Namun, rencananya, mobil imut itu baru akan diluncurkan pada akhir 2010. Harganya sekitar Rp 100 jutaan. "Sekarang masih dalam tahap negosiasi dengan prinsipal," imbuh Charles.

Sumber :
Nadia Citra Surya, Raymond Reynaldi Kontan
http://www.kontan.co.id/index.php/bisnis/news/26309/Bocoran-Mobil-Mobil-Tahun-2010
8 Desember 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar